Islam itu Indah.Islam itu lembut.Islam itu Pemaaf. Islam itu Pelindung. Islam itu Damai. Islam Penuh Kasih pada Sesama.Islam itu Toleran. Namun Islam itu Kehormatan, maka Jangan Usik Kehormatan Islam

Pidato Abu Bakar

Pidato Pengangkatan  Abu bakar sebagai khalifah


" Amma ba'du, 

para hadirin sekalian, sesungguhnya aku telah dipilih sebagai pemimpin atas kalian dan bukanlah aku yang terbaik, maka jika aku berbuat kebaikan bantulah aku. Dan jika aku bertindak keliru maka luruskanlah aku. kejujuran adalah amanah, sementara dusta adalah suatu pengkhianatan. Orang yang lemah di antara kalian sesungguhnya kuat di sisiku hingga aku dapat mengembalikan haknya kepadanya Insya Alloh. 


Sebaliknya siapa yang kuat di antara kalian maka dialah yang lemah di sisiku hingga aku akan mengambil darinya hak milik orang lain yang diambilnya.Tidaklah suatu kaum meninggalkan jihad di jalan Alloh kecuali Alloh akan timpakan kepada mereka kehinaan, dan tidaklah suatu kekejian tersebar di tengah suatu kaum kecuali adzab Alloh akan ditimpakan kepada seluruh kaum tersebut. Patuhilah aku selama aku mematuhi Alloh dan RosulNya. Namun, jika aku tidak mematuhi keduanya maka tidak ada kewajiban taat atas kalian terhadapku. Sekarang berdirilah kalian untuk melaksanakan sholat, semoga Alloh merahmati kalian".(Ibnu Hisyam, as-Sirah an-Nabawiyah; Ibnu Katsir, Al Bidayah Wan Nihayah)


Wahai manusia, sesungguhnya aku dipilih sebagai khalifah atas kehendak kalian, padahal aku bukanlah orang yang terbaik dari kalian, maka bai'lah orang yang lebih daripada aku.


Wahai manusia, sesungguhnya manusia masuk Islam ada yang dengan sukarela dan adapula yang terpaksa, mereka adalah manusia-manusia yang berhak mendapatkan perlindungan Allah. Bila kalian dapat, agar tidak dipertanyakan oleh Allah tentang perlindungan Alalah, maka kerjakanlah. Adakalanya, mungkin syetan datang kepadaku, karena itu bila kamu dapatkan aku sedang marah, maka jauhilah aku agar aku tidak menyakiti kalian.


Wahai manusia, perhatikanlah harta budak-budak kalian, sesungguhnya tak akan masuk surga seorang yang ditubuhnya tumbuh daging segar dari barang yang haram. Awasilah aku dengan penglihatan kalian, jika kalian dapatkan aku berlaku baik, maka dukunglah aku. Tapi bila aku berlaku buruk, maka luruskanlah. Taatilah aku selama aku masih taat pada Allah dan Rasul-NYA. Tapi jika aku sudah berani melanggar keduanya, maka tidak wajib kalian taat kepadaku ( A Kanzul ummal jilid 3 hal. 135 )


Surat Wasiat Abu Bakar


Bismillahirrahmannir Rahiim,
ini adalah yang dipesankan oleh Abu Bakar bin Abi Quhafah diakhir harinya di dunia dan bakal keluar daripadanya dan di awal harinya di akhirat dan bakal memasukinya, aku tunjuk Umar bin Khattab sebagai penggantiku kelak, karena itu dengarkanlah dan patuhilah ia.


Aku tak dapat menjaminkan pada Allah, Rasul-NYA, agama-NYA, diriku dan diri kalian suatu yang baik. Bila ia berlaku adil, maka hal itu adalah seperti yang telah aku perhitungkan dan yang telah aku ketahui. Akan tetapi bila ia berlaku sebaliknya, maka ketahuilah bahwa setiap insan akan mempertanggung-jawabkan segala perbuatannya masing-masing. Aku hanya berharap baik, sedangkan aku tidak sedikit pun tahu yang gaib dan setiap jiwa yang berlaku ke zaliman pasti ia akan tahu apa yang bakal diterimanya kelak. 


Wassalamu'alaikum warahmatullah

* Surat wasiat ini didektekan untuk ditulis oleh Usman bin Affan




Buku Tamu



Artikel Lain