Islam itu Indah.Islam itu lembut.Islam itu Pemaaf. Islam itu Pelindung. Islam itu Damai. Islam Penuh Kasih pada Sesama.Islam itu Toleran. Namun Islam itu Kehormatan, maka Jangan Usik Kehormatan Islam

TAUHID

Syahadat1.gif

Syarat pertama untuk masuk golongan orang Islam adalah membaca kalamah syahadat atau sering disebut syahadatain, karena berupa ucapan 2 kalimat. Setiap orang yang telah mengucapkan (dan beriikrar) syahadat adalah golongan orang Islam yang darahnya haram untuk ditumpahkan di tanah.

Syahadat adalah persaksian, pengakuan dan ikrar (sumpah) bahwa tiada Illah (Tuhan) selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah (Rasulullah, Yang di utus). Syahadat adalah inti dan roh orang Islam yang harus tertancap tegak dalam hati dan pikirannya meski tanah tempat berpijak ini goncang namun syahadat tetap tidak tergoyah.

Sembahlah Allah

Inti dari ikrar tiada Illah selain Allah adalah bahwasanya tiada Tuhan yang patut disembah selain Allah yang Maha Kuasa yang meliputi segalanya.  Dalam Al Qur'an banyak sekali ayat yang menegaskan perintah Allah untuk menyembah kepada-NYA. Sembah bukanlah sholat, bukan pula cara menyembah sebagai kaum lain menyembah. Mari kita pelajari perlahan-lahan apa makna sembah.

" Dia-lah yang membentuk kamu dalam rahim sebagaimana yang dikehendaki-NYA. Tak ada Tuhan, melainkan Dia, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana " Ali Imron, ayat 6 )

Ayat ini adalah penjabaran dan sekaligus penegasan Allah kepada manusia (dan seluruh makhluk) bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dengan mengajak manusia untuk merenungkan dan berfikir akan asal usul terciptanya manusia dalam wadah/ kantong yang disebut rahim dari seorang ibu.

Maka Allah memerintahkan manusia dengan ayat berikut, yang berupa sebuah ikrar

"Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan."  (AL FAATIHAH  ayat 5)


Ayat-ayat berikutnya adalah perintah Allah yang sangat tegas agar manusia (dan seluruh makhluk) untuk menyembah hanya kepada-NYA.

"Sesungguhnya Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, karena itu sembahlah Dia. Inilah jalan yang lurus". (Ali Imron, ayat 51 )

"Hai manusia, sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakanmu dan orang-orang yang sebelummu, agar kamu bertakwa, (AL BAQARAH ayat 21)"


Perintah ini sangat tegas, sangat berbeda dengan ibadah sholat dengan kata "dirikan atau tunaikan" dan bersedekah dengan kalimat "nafkan". Jadi masalah menyembah pada Allah sangat urgen yang harus dipahami, dimengerti dan ditaati. Pertanyaannya adalah apa dan bagimana cara menyembah padda Allah ?


Menyembah Allah


Menyembah bukanlah gerakan dhahir, namun gerak hati dan ketetapan hati atau kecenderungan hati terhadap sesuatu yang diagungkan. Menyembah pada Allah artinya gerak hati, kesenderungan hati dan ketetapan hati untuk selalu beriman kepada-NYA dan selalu meng-Agung-kan-NYA dengan menjalan semua perintah dan larangan-NYA.


Karena menyangkut gerak hati dan ketetapan hati, maka perintah yang dimaksud adalah :

  1. Iman yang tegak
  2. Taqwa karena Allah
  3. Sabar karena Allah
  4. Tawwakal karena Allah
  5. Ikhlas karena Allah
  6. Syukur karena Allah






Buku Tamu



Artikel Lain