Islam itu Indah.Islam itu lembut.Islam itu Pemaaf. Islam itu Pelindung. Islam itu Damai. Islam Penuh Kasih pada Sesama.Islam itu Toleran. Namun Islam itu Kehormatan, maka Jangan Usik Kehormatan Islam

Keraguan Cerita Tentang Sunan Kalijaga

Nama aslinya Raden Said, anak seorang pembesar dan penguasa dari Tuban, Jawa Timur. Nama di masyarakat adalah Brandal Lokajaya, seorang penyamun, perampok yang sangat terkenal di daerah Tuban. Nama tuanya adalah Kalijaga, murid Sunan Bonang yang lebih populer disebut Sunan Kalijaga yang sangat sakti dengan pakaian khasnya sebagai orang Jawa dan media dakwahnya  salah satunya adalah wayang, sehingga tercipta wayang bernama Punakawan.

Brandal Lokajaya pernah hendak merampok seorang tua yang kemudian diketahui bernama Sunan Bonang, namun kecele karena kesaktian dan karomah Sunan Bonang yang mampu mengubah sesuatu menjadi emas, sehingga sang brandal terbengong-bengong dan jatuh hati untuk berguru pada Sunan Bonang. Sang Sunan hanya mau menerima sang brandal dengan persyaratan tertentu.

Banyak cerita dan tulisan yang lama beredar bahwa salah satu persyaratan yang diajukan Sunan Bonang adalah bertapa yang akhirnya ditempuh oleh sang brandal selama 3 tahun, sehingga tempat sekitarnya menjadi sangat rimbun. Dari sini, jujur saja saya masih ragu dengan cerita bahwa untuk menerima sang brandal harus bertapa. Dalam tatanan Islam, jika ada orang yang mau masuk Islam adalah menyuruhnya membaca 2 kalimah syahadat, lalu menerangkan kewajiban-kewajibannya sebagai seorang yang Islam, yakni Rukun Islam dan Rukun Iman. Sang guru akan menerangkan dari bagian awal dari Rukun Islam dan Rukun Iman, sampai sang murid mulai memahami makna dari keduanya sejauh tingkatan spiritual sang murid.

Islam tidak mengajarkan, laku tapa dengan meninggalkan kewajiban shalat meski untuk pembersihan diri, sebab pembersihan diri tidak bisa dilakukan oleh diri sendiri, namun dengan pertolongan Allah, lewat ketaat an terhadap semua perintah dan larangan-NYA. Hak pencucian diri manusia ada pada Allah, bukan pada makhluk.

Jadi ada benarnya jika saya meragukan cerita yang beredar bahwa Sunan Bonang menyuruh Raden Said bertapa terlebih dahulu daripada membaca 2 kalimah shahadah dan menerangkan semua kewajibannya sebagai orang Islam. Masak seorang yang diberi gelar seorang wali, sampai lupa tatanan Islam yang benar yakni menyuruh seseorang tidak shalat selama 3 tahun hanya untuk bertapa.

Buku Tamu



Artikel Lain