Islam itu Indah.Islam itu lembut.Islam itu Pemaaf. Islam itu Pelindung. Islam itu Damai. Islam Penuh Kasih pada Sesama.Islam itu Toleran. Namun Islam itu Kehormatan, maka Jangan Usik Kehormatan Islam

Menciptakan Ketakutan Pada Jin

Jin adalah makhluk ciptaan Allah, sama seperti manusia. Jin diciptakan Allah dari nyala api dan manusia diciptakan dari segumpal darah. Alamnya juga berbeda. Meski demikian kadangkala sempat bersinggungan antara alam jin dan manusia yang memungkinkan ke 2 ciptaan Allah ini bisa saling berinteraksi.

Seringkali jin menampakkan diri seperti manusia, bentuk badannya dan bicaranya. Atau menyerupai seseorang dan bahkan tidak jarang yang berbuat jahat dengan menakut-takuti manusia dengan wajah, perangai dan bicaranya. Semua dilakukan jin untuk membengkokkan tauhid manusia pada Allah.

Ilmu tauhid adalah ilmu dasar bagi orang Islam. Tidak ada Allah yang pantas disembah kecuali Allah yang menciptakan bumi dan langit dan diantara keduanya. Pokok dari Ilmu tauhid adalah meng-Esa-kan Allah termasuk diantaranya adalah bahwa tidak ada yang berhak untuk ditakuti selain takut pada Allah.

Jadi sangat mengherankan jika ada seseorang yang mengaku Islam ( ada yang menyebutnya seorang ustadz ) memberitakan pada saudara orang Islam yang lain bahwa ada seseorang yang hendak mempergunakan jin pesugihan untuk memperoleh harta dengan mengkorban anaknya. Mendengar penuturan itu, ibu tersebut sangat ketakutan.

Ini jelas salah besar sebab sudah jelas-jelas melenceng dari tauhid. Orang yang memberikan perkataan demikian tidak pantas untuk didengarkan apalagi dipercayai. Kalau awalnya saja sudah salah pada persoalan yang mendasar, tentu selanjutnyapun akan salah juga dalam praktek terapinya.

Harap diingat bahwa seorang terapis Islam adalah menjunjung tinggi tauhid pada Allah dengan mengarahkan pasien untuk diajak bersama-sama mendekati Allah semata dengan memohon perlindungan dan kesembuhan. Lha jika, dia sudah menciptakan ketakutan orang dengan keberadaan jin melebihi ketakutannya pada Allah, tidak syah terapinya.

Kedua, bahwa bukanlah ayat-ayat Al Qur'an yang bisa mengusir jin atau membuat orang sembuh, namun Allah-lah yang bisa mengusir jin dan menurunkan kesembuhan seseorang. Jika seorang terapis belum kuat dan paham betul masalah tauhid seperti contoh di atas, ini merupakan peluang bagi jin ( dan iblis) membonceng. Fatal akibatnya.

Untuk jelasnya saya akan ambil ayat-ayat Al Qur'an yang berisi tentang hak takut hanya pada Allah. Berikut ini ayat-ayat nya :

"Hai Bani Israil, ingatlah akan ni'mat-Ku yang telah Aku anugerahkan kepadamu, dan penuhilah janjimu kepada-Ku {42}, niscaya Aku penuhi janji-Ku kepadamu; dan hanya kepada-Ku-lah kamu harus takut (tunduk)". (Al Baqarah"  (Sapi betina) ayat 40)

"......Karena itu janganlah kamu takut kepada manusia, (tetapi) takutlah kepada-Ku. Dan janganlah kamu menukar ayat-ayat-Ku dengan harga yang sedikit. Barangsiapa yang tidak memutuskan menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang kafir". (AL Maa-idah 44)

"Dan dari mana saja kamu (keluar), maka palingkanlah wajahmu ke arah Masjidil Haram. Dan dimana saja kamu (sekalian) berada, maka palingkanlah wajahmu ke arahnya, agar tidak ada hujjah bagi manusia atas kamu, kecuali orang-orang yang zalim diantara mereka. Maka janganlah kamu takut kepada mereka (musuh) dan takutlah kepada-Ku (saja). Dan agar Ku-sempurnakan ni'mat-Ku atasmu, dan supaya kamu mendapat petunjuk". (Al-Baqarah ayat 150 ).


Bahayanya Takut pada Jin

Sifat jin adalah jika manusia takut dengan kehadiran dan keberadaannya, maka dia akan semakin berani tidak hanya sekedar menggoda namun akan bertindak lebih jauh untuk menakuti-takuti manusia. Semakin tinggi rasa takutnya, maka kuatlah keinginan untuk lebih membuat manusia ketakutan melebihi ketakutannya pada Allah.

" Tidakkah kamu perhatikan orang-orang yang dikatakan kepada mereka {317} : "Tahanlah tanganmu (dari berperang), dirikanlah sembahyang dan tunaikanlah zakat !" Setelah diwajibkan kepada mereka berperang, tiba-tiba sebahagian dari mereka (golongan munafik) takut kepada manusia (musuh), seperti takutnya kepada Allah, bahkan lebih sangat dari itu takutnya....... (An-Nisaa''  ayat 77)

Iblis/ syetan adalah golongan jin sangat suka cita untuk bisa menimbulkan ketakutan di hati manusia adalah bagian dari strategi jin untuk melupakan Allah dan membuat manusia lebih takut kepada dia daripada Allah. Dan kita sering tidak menyadari itu.

Tips Menghadapi Jin

Ada yang bertanya pada saya, dengan ilmu apa kita bisa menghadapi dan mengalahkan jin. Saya langsung jawab tegas : ILMU TAUHID. Artinya, segala sesuatu yang yang bisa lebih mengingatkan, meyakini dan mendekatkan diri pada Allah. Toh dalam Al-Qur'an, Allah sudah menjamin bahwa orang yang beriman (dengan benar, red) tidak bakal kuassa diganggu syetan ( Salah satu golongan jin ).

Jadi ini persoalan hati. Kalau hati kita belum sepenuhnya tegak iman kita pada Allah ya sangatlah mudah bagi jin untuk mengombang-ambingkan dan mempermainkan kita sebagaimana anak-anak bermain sambil tertawa terbahak bahak.

Agar supaya kita selalu ingat pada Allah dengan tingkat kuantitas dan kualitas ibadah, berdzikir, membaca dan mempelajari Al Qur'an, aktif mengikuti tausiah dari orang-orang alim, Iqra' pada semua yang Allah ciptakan.

Jika taraf iman sudah mencapai haqul takin mana berani jin akan menganggu kita meski kita dalam keadaan tidur sekalipun. Hanya itu tips terbaiknya.






Buku Tamu



Artikel Lain